Mari kita berbagi….

Tetulunga marang sagung pekir miskin

Aywa kongsi ana

Kawisesa ing priyayi

Kang duduk sabenerira

erupsi merapi  bencana   banjir

Sekar maskumambang di atas terutama baris pertama mengingatkan kepada kita bahwa kita harus tetulung atau saling membantu.

Terutama keadaan akhir-akhir ini yang banyak terjadi bencana di mana-mana. Kondisi seperti sekarang ini seharusnya mampu mengajarkan kepada kita bahwa kita harus menjadi orang yang pandai bersyukur dan mau membantu saudara-saudara kita yang terkena musibah.

Kehidupan diibaratkan seperti roda yang berputar, kadang di atas, kadang juga di bawah. Ketika di atas, jangan sampai lupa bersyukur dan tidak membantu yang sedang di bawah. Ketika di bawah, juga jangan pernah lupa bersyukur dan saling membantu. Karena kadang kita, khususnya saya sendiri lupa betapa indahnya berbagi. Sesungguhnya berbagi itu sangat indah dimanapun posisi kita dalam kehidupan. Entah itu saat kita ada, maupun saat tidak ada. Karena tahukah anda (terutama anak kos, atau orang di perantauan akan sangat mampu merasakannya), meskipun kondisi keuangan kita sangat pas nyaris tidak cukup tapi ada teman lain yang meminta bantuan untuk meminjam uang dan kita mau meminjamkannya maka mindset kita akan berubah. Kita akan merasa lebih senang dan merasa cukup dengan apa yang kita miliki. Selamat berbagi dan jangan lupa untuk terus bersyukur.

Tidak bermaksud sok tahu atau bahkan menggurui, tulisan ini hanyalah salah satu media bagi saya untuk mengingatkan diri saya sendiri. Terimakasih, semoga bermaanfaat.

Berikut ini saya menulis sebait sekar Gambuh, semoga dapat mengingatkan saya sendiri khususnya dan semua orang pada umumnya untuk terus selalu bersyukur atas segala nikmat yang dianugerahkan kepada kita.

Yen sira padha syukur

Urip iki krasa saya makmur

Apa maneh gelem peduli sesami

Urip bakal saya rukun

Godha rencana da ngedoh

Kata-katanya mungkin tidak indah, arti dalam versi bahasa Indonesia adalah jika kita pada syukur, hidup ini akan terasa semakin makmur. Apa lagi kalau mau peduli sesama, hidup akan rukun. Marabahaya dan musibah akan menjauh. Dari kata yang mungkin kurang indah tersebut saya ingin menyampaikan bahwa dengan kita bersyukur dan mau berbagi kita akan merasa lebih baik dan hidup akan terasa lebih indah. Selamat membaca tulisan-tulisan saya yang lain…semoga bermanfaat.

Posted on 01/03/2011, in Petuah. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

